Top Ad unit 728 × 90

Custom ROM PrimeXperia Lollipop v2.5 (ROM Z3 for Xperia L C2105)

Setelah sekian lama saya tidak update artikel dalam katagori xperia, banyak pengunjung piticom blog yang meng'email saya agar update artikel mengenai customizes xperia L. mungkin banyak pengguna xperia L juga sudah bosan dengan stock rom/rom kitkat yang terkesan sudah mulai agak outdate, nah untuk itu dalam artikel ini saya akan membahas cara install rom primexperia lollipop di xperia L, rom ini adalah porting dari rom z3 Lollipop yang di port oleh STRYDER~007.


[post_ad]PrimeXperia LP adalah ROM yang menurut saya sangat cocok digunakan untuk para pengguna xperia L, rom ini banyak memiliki fitur  dan stabilitasnya lebih bagus dari rom kitkat sebelumnya.
salah fitur keunggulannya adalah lebih ringan, sedikit bug, tampilan flat minimalis, di ambil dari style rom Z3, terupdate dengan applikasi bawaan sony seperti Walkman/Musik, Album, Movie, LifeNews, TrackID dan masih banyak lagi. Penasaran dengan bagaimana tampilan dari ROM ini, berikut adalah screenshot rom lollipop PrimeXperia LP yang sudah terinstall di xperia L saya.



ScreenShot ROM PrimeXperia LP v2.5


Lalu bagaimana cara install rom ini, caranya tidak begitu sulit. kamu yang baru pertama kali belajar pasti bisa. saya akan menulis langkah langkahnya selengkap mungkin agar mudah dimengerti oleh pengguna awam/belum pernah install custom rom sebelumnya. silahkan lengkapi tools yang diperlukan dan ikuti langkahnya dari awal sampai akhir agar nantinya sukses!



Syarat dan Tools yang harus disiapkan :

Pastikan Xperia L kamu sudah terUnlockBootLoader, jika belum silahkan baca artikel Cara UnlockBootLoader Xperia L

Langkah - Langkah Install ROM PrimeXperia LP di Xperia L C2105

Download semua files dibawah ini, dan simpan di Memory Internal/Memory card xperia kamu. (letakkan tanpa folder, agar nantinya lebih mudah kita mencari)
Setelah semua file di atas telah ter'download dan tersimpan di memory card, sekarang waktunya install flashtool beserta drivernya. (biasanya setelah install flashtool, shortcutnya tidak secara otomatis dibuat di dekstop. jadi kamu bisa mencarinya di LocalDisk C/Flashtool/Flashtool.exe).
Setelah flashtool sudah terinstall dengan benar sekarang kita pasang CWM di xperia L mu,
Buka Flashtool, klik icon petir pada menu bagian atas, lalu Fastboot dan OK.



Matikan Experia mu, lalu tekan & tahan volume atas "+" sambil menyambungkan kabel USB ke komputer hingga lampu indikator menyala berwarna Biru





Pada Flashtool pilih menu Check Current Device Status dan lihat pada Lognya, jika tertulis Device Status : Fashboot mode maka kamu berhasil masuk ke mode fashboot, lalu klik Select Kernel to Flash 



Pilih file cwm yang sudah kamu download tadi Philz_touch_6.41.6-taoshan_piticom.com




Tunggu proses hingga selesai, jika berhasil biasanya Lognya seperti ini (lihat gmbr dibawah)




Pada langkah ini kamu telah berhasil menginstall CWM, sekarang lanjut ke tahap install romnya 

  • Nyalakan Experia mu, ketika pada logo SONY muncul tekan berulang kali volume min "-" hingga lampu indikatornya bewarna KUNING, maka secara otomatis kamu akan masuk ke CWM
  • Pilih Wipe Data/Factory Reset > Clean to Install a New Room > Yes I Will Install a New ROM



  • Setelah partisi sudah bersih, sekarang install file zip ROM yang sudah dicopy pada langkah pertama tadi.
  • Pilih Install Zip >  Choose Zip from/storage/sdcard0 atau sdcard1 (tergantung tempat kamu menyimpan file ROMnya) pilih romnya PrimeXperia+LP+v2.5.zip kemudian Yes/Ok



          • Lalu ikuti instruksi pada instalasi ROM tersebut, cukup next dan next saja hingga selesai. kemudian hilangkan centang pada pilihan Restart Your Phone.
          • Setelah ROM Z3 terinstall, sekarang install Gapps-lp-20150222-signed.zip caranya mirip seperti diatas tadiJangan lupa setelah itu Wipe Chace Partition dan Wipe Dalvik Chace lalu reboot!
          • Terakhir tinggal tunggu proses installasinya, biasanya 5 menitan..
          • Jika proses selesai maka wellcome screen akan muncul, kemudian restart lagi xperianya dan masuk ke CWM Recovery, install ThunderZap-4.16 lalu Reboot tunggu proses hingga selesai. selamat sekarang kamu sudah berhasil install ROM Z3 Lollipop di Experia L C2105. Selamat!


          Maaf, untuk step diatas masih banyak kurang gambar, jika memungkinkan akan saya tambahkan dan jika masih bingung dengan tutrial diatas kamu bisa bertanya lewat komentar dibawah segera mungkin akan saya jawab. Selamat mencoba ROM Z3 Lollipop :)!



          UPDATE* Icon dalam ROM Z3 ini belum sepenuhnya diganti dengan sytle icon Z3 maka kamu perlu install tema CM12 berikut ini, dan terapkan iconnya.
          Link download Themes CM12 Xperia Lovins Black


          Credits :  
          @STRYDER~007 for making this rom
          @serajr for amazing guidance and precious help 
          @varun.chitre15 for CyanogenMod 12 
          @amarullz for AROMA Installer 
          @ibanez7 for Xperia Apps 
          @xperiaz2 for precious help 
          @vandroid7 for Z3 ClockWidgets fonts xmls 
          @Sony for Xperia Smartphone and Xperia UI
          Custom ROM PrimeXperia Lollipop v2.5 (ROM Z3 for Xperia L C2105) Reviewed by Unknown on 16:36:00 Rating: 5

          29 comments:

          1. Gan, ane mau nanya nih. Ane bingung di point 6 , setelah kita install thunderzap dan gapps baru kita wipe data parttition dan wipe dalvik cache ? Atau wipe data duluan baru install zip nya? Yg duluan mana ya gan . mohon pencerahannya ya :)

            ReplyDelete
          2. Gan, ane mau nanya nih. Ane bingung di point 6 , setelah kita install thunderzap dan gapps baru kita wipe data parttition dan wipe dalvik cache ? Atau wipe data duluan baru install zip nya? Yg duluan mana ya gan . mohon pencerahannya ya :)

            ReplyDelete
            Replies
            1. Setelah install zipnya lalu wipe chace partition dan wipe dalvik cache

              Delete
          3. Ok gan , makasih banyak mas darma.
            Saya suka banget blog ini :)

            ReplyDelete
          4. Setelah ane siap instal semua zip nya gan. Udah di wipe data partition dan dalvik cache . lalu ane reboot , lalu ada pertanyaan tentang apply root gan . ane pilih yes setelah itu muncul logo thunderzap dan cuma mentok di situ gan. Ane pilih no juga tetap mentok di logo thunderzap gan . gak mau hidup" . kalo gitu kenapa ya gan?

            ReplyDelete
            Replies
            1. Setelah kamu install semua zip dan reboot apakah xperia mu udh bisa dipakai?
              Saya bingung dengan apply root, karna pada saat saya install gada sperti itu.

              Delete
          5. Gak bisa dipakai gan . cuma mentok di logo thunderzap . logo sony gak ada muncul.
            Pas ane sudah siap instal zip nya lalu ane wipe data partition dan dalvik cache . lalu reboot .
            Atau bisa mintol gak gan , pas instal prime xperia dan thunderzap tolong kasih cara tutorial nya

            ReplyDelete
            Replies
            1. 1. Install ROM PrimeXperia
              2. Install Gapps
              3. Wipe chace partition & dalvik chace
              4. Reboot
              5. Tunggu sampai proses install selesai.
              6. Balik lagi ke CWM, lalu install ThunderZap
              7. Reboot. and FINISH!

              Delete
          6. This comment has been removed by the author.

            ReplyDelete
          7. Gan mau nanya, kalo thunderzarp tahan ga buat main game, kalo ada yg recomended tolong di share gan buat enak main game

            ReplyDelete
            Replies
            1. Rekomendasi ThunderZap versi paling baru!

              Delete
          8. Waktu instal prime xperia nya gan , ada gak yg perlu di ceklis di bagian petunjuknya? Atau cukup next saja?
            Ane bingung di situ gan . saya ceklis tamppilan xperia dan ceklis semua nama aplikasi bawaan sony pada saat instal prime xperia

            ReplyDelete
          9. sukses gan makasih infonya, fitur nfc ane kok disabled ya gan, trus kmaren lupa hapus dalvik cache, iu ngaruh nggak?

            ReplyDelete
          10. gan sudah sukses instal
            sudah beres semua

            trus xlnya ane kasih kunci pengaman (pattern)
            kok malah gk bisa d buka ya ?
            kok balik ke patternnya lagi

            mohon solusinya

            ReplyDelete
          11. Yes, ane dah berhasil gan. Thanks
            Tapi ane ada kendala gan, kenapa ya waktu ane dengar lagu pake headset kan layar hp nya mati, pas ane mau ganti lagu otomatis ane hidupin hp nya kan. Tapi kenapa layar hp nya gak mau hidup? Padahal lagu nya terus main

            ReplyDelete
          12. udah dipake ini rom, tapi kenapa sering ngadat dan semua tombol ditekan ga bisa, jadinya ya terpaksa lepas batre......... ada pencerahannya gan?

            ReplyDelete
          13. boy itu Perlu download CM ga ?

            ReplyDelete
            Replies
            1. gaperlu boy, itu sudah dalam satu paket sama CM12

              Delete
          14. gan kok instal coc gak bsa gan btuh bantuan nya gan

            ReplyDelete
          15. gan pas mode flashboot sudah di select kernel. pas writting boot nya "FAILED (remote: Command not allowed)" itu kenapa ya.. mohon pencerahanya trims:)

            ReplyDelete
          16. masss kenapaa yaa wifi nya gak respon,,,
            kagak mau nyala tu wifi nyaaa...
            mohon bantuan nya masss

            ReplyDelete
          17. Thx min semua beres, cuma storerage running out terus nih, padahal instal aplikasi cuma dikit, dan beberapa udh masuk ke sd cara, ada solusi ga min? Atau cara buat uninstall lagi aplikasi2 bawaan Sony yg ga kepake gimana ya?

            ReplyDelete
          18. WIFINYA GAK NYALA BOS GMNA CRA NGE-FIX WIFINYA yg bug biar bisa nyala normal BOS..!?

            ReplyDelete
          19. mas kalo sy udh psang cwm ,trus di timpa phill touch ,bisa gk

            ReplyDelete
          20. saya baru coba bos, smua fungsi dg baik.... smentara ini dlm keadaan normal... nanti sya coba buat game dll

            ReplyDelete

          All Rights Reserved by Piticom Blog © 2016
          Designed by Sweetheme

          Contact Form

          Name

          Email *

          Message *

          Powered by Blogger.